APA ITU RISK DAN REWARD DALAM TRADING?



Pada dasarnya, TRADING bisa diartikan sebagai salah satu kegiatan yang dilakukan di pasar uang yang dimana kegiatan ini tidak hanya sekedar suatu kegiatan atau proses jual beli barang ataupun jasa. Tujuannya adalah untuk melakukan kegiatan atau proses jual beli tersebut dalam kurun waktu yang singkat namun mendapatkan keuntungan sebesar - besarnya. Namun dalam prakteknya, tidak semudah dengan kedengarannya dimana kita juga harus mengenal resiko (Risk) dan keuntungan (Reward) dari TRADING itu sendiri.


Seperti atau sesuai dengan namanya Risk dan Reward, dimana Risk ini adalah resiko atau kemungkinan terburuk dari kegiatan ini yaitu kerugian sedangkan Reward adalah hasil atau hadiah yang didapat yaitu keuntungan. Dua hal atau istilah ini akan selalu ada ketika kita melakukan apapun termasuk TRADING ini. Itu lah mengapa salah satu alasan seorang trader perlu melihat, memahami, dan menganalisa resiko dan keuntungannya. Sudah pasti tujuannya adalah untuk menentukan besarnya resiko dan keuntungan tersebut sebelum akhirnya kita melakukan TRADING.


Contoh, hasil analisa kita menunjukan harga akan bergerak dalam range 2300 hingga 2530, dan harga saat ini berada di 2380. Artinya jika kita melakukan entry di harga 2380, maka kita memiliki Risk sebesar -3,4% (selisih harga antara 2300 dengan 2380) serta Reward sebesar +6,3% (selisih harga antara 2530 dengan 2380). Dengan melihat hasil persentase Reward yang lebih besar dari Risk, maka artinya layak untuk dibeli.


Salah satu cara perhitungan yang sederhana atau mudah namun ideal dalam menentukan perbandingan Risk dan Reward itu sendiri yang bisa kita terapkan pada saat menganalisa dan melakukan entry adalah dengan minimal perbandingan 1 (Risk) : 2 (Reward). Dimana semakin besar Rewardnya dan semakin kecil Risk nya maka akan semakin baik dan kita berpotensi lebih besar untuk mendapat keuntungan.

Mungkin saat pertama kali melakukan TRADING, kita akan mengalami trial and error namun seiring berjalannya waktu kita diharapkan akan memahami dengan baik dan dapat menganalisa Risk dan juga Reward itu sendiri. Apabila kita sudah bisa melihat, memahami, dan menganalisa Risk maupun Reward nya, maka akan mempermudah kita untuk melakukan Trading itu sendiri.


Jadi, bagaimana? Penting bukan!!! untuk kamu dapat memahami pentingnya tujuan dari analisa Risk dan Reward itu sendiri agar TRADING mu dapat berhasil.


#trading #risk #reward #saham #forex

 

(Aurelio, Content Writer)

(Aurelio, Cover Designer)

8 views0 comments