Apa sih Investasi itu? Harus? Penting? Kalo gamau ikutan emang kenapa?




Hhhmmm, pertanyaan iseng yang susah susah gampang buat dijawab dengan tepat.

Oke, kita coba telaah dari sedasar-dasar nya deh yaah.

Kita mulai dari definisi, menurut Wikipedia Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan.

Kata kuncinya ada di istilah keuangan, ekonomi, akumulasi, dan aktiva. Intinya investasi itu uang atau harta yang kita simpen dalam jangka waktu tertentu dengan HARAPAN di masa yang akan datang uang atau harta kita itu akan bertambah. Ko bisa? Magic? Sihir? Bukaan, ya itu namanya investasi.

Kenapa kata "HARAPAN" perlu dicapslock? Karena itu sebenernya salah 1 jawaban yang paling ngena dari pertanyaan yang ada di judul artikel ini, wkwkwkwk.


Kalo kamu ga punya tujuan apapun dalam hal keuangan (beli rumah, keliling Eropa, beli mobil mevvah), ya ga usah investasi.

Kalo kamu ga punya harapan mau mendapatkan sesuatu di masa depan yang berhubungan sama uang (menikah, biaya sekolah anak, biaya kesehatan, nikahin anak), ya ga usah investasi.

Kalo kamu adalah anak dari orang terkaya yang hartanya ga akan habis sampe 777 turunan, ya ga usah investasi.

Kalo kamu hidup di dunia lain (?), maksudnya di hutan, di dalam goa, di tengah laut, juga ga usah investasi.


Jadi setuju kan, harus ga harus atau penting ga penting investasi itu tergantung, dan ga salah juga kalo ada orang yang memilih untuk tidak berinvestasi, jadi jangan di bully yah, kesian.


TAPI, jaman sekarang rasanya ga ada orang yang tanpa harapan dan tujuan-tujuan di atas. Betul apa betul?

Jadi, si makhluk bernama "investasi" ini jadi primadona orang-orang yang ingin mencapai tujuan tersebut. Kenapa dia bias jadi primadona? Apakah cara untuk mewujudkan harapan dan tujuan-tujuan tadi hanya dengan "investasi" ? Ngga juga sih, ada cara lain seperti ngerampok, nyuri, nyopet, ngepet, korupsi. Silahkan dipertimbangkan yah! hehehe.


Lalu, ketika orang melihat banyak yang punya harta berlimpah dari hasil berinvestasi, maka pertanyaan berikutnya yang sering muncul adalah.

Gimana caranya investasi? Aku harus investasi ke mana? Investasi di saham saham bagus ga ya? Investasi di property menguntungkan ga ya? dll.


Pertanyaan-pertanyaan tersebut yang sering bikin orang kapok dalam berinvestasi karena rugi. Kenapa biasa rugi? Ya iyalah. Coba baca lagi deh paragraph 1 dan 2 dari artikel ini.


Jauuuuhh sebelum kita memutuskan untuk melakukan investasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah "MENETAPKAN TUJUAN KEUANGAN KITA". Ini hal paling teramat penting ting tiiing yang sering banget dilupakan oleh orang-orang yang baru mau terjun ke dunia investasi.


Analoginya kira-kira seperti ini, kamu dikasih kendaraan super canggih, anti badai, hujan, topan, tornado. Kamu mau pergi pake kendaraan itu, tapi kamu ga tau TUJUAN nya mau ke mana. Apa yang kira-kira bakal terjadi di jalan nanti? Kamu bakal tergoda akan hal-hal yang kamu temui di jalan nanti. Seperti, godaan untuk mampir ke suatu tempat, setelah itu pergi ke tempat hiburan, lalu pergi belanja, lalu pergi ke tempat-tempat hits lainnya, sampe akhirnya kamu kehabisan bensin dan kamu ngerasa gatau ada di mana posisinya, mungkin juga terjadi kecelakaan, dan untuk memenuhi kebutuhan hidup akhirnya kamu harus menjual mobil super canggih tadi. Pada akhirnya apa yang kamu dapatkan? NOTHING, dan hanya buang-buang waktu saja kan?


Itulah yang sering dirasakan oleh orang-orang yang "sekedar" ingin ikut-ikutan berinvestasi, tanpa tau tujuannya. Hanya akan berakhir dengan penyesalan.

Jadi, sudah jelas yah tentang si makhluk bernama "investasi" itu siapa sih, untuk apa, seberapa penting, dan haruskah kita menakhlukannya alias melakukan investasi?


Alangkah baiknya sebelum melakukan investasi, kamu tentukan dulu harapan atau tujuan keuangan-keuangan kamu yaa.

Bahkan sebelum menentukan tujuan keuangan, kamu juga perlu mengetahui kondisi keuangan kamu saat ini. Gimana caranya? Move ke artikel berjudul Udah paham investasi, lalu gimana mulainya? yaah, biar ga kepanjangan di sini, ntar takut jadi gumoh lagi hehehe.


Sampe di sini dulu yah sahabat,, boleh di share artikel ini kalau sekiranya dapat membantu orang lain untuk lebih memahami lagi tentang investasi.


See you!

#investasi #keuangan

Sumber foto: howmoneyindonesia.com

3 views0 comments