Apa yang Harus dilakukan Saat Saham Turun?



Dalam bermain saham, kita harus punya strategi untuk mencapai tujuan, yaitu profit sebesar-besarnya. Namun, tidak menutup kemungkinan strategi kita tidak berjalan dan membuat saham kita turun. Ini merupakan resiko yang tidak bisa terhindarkan saat kita bermain saham. Lantas apa yang harus kita lakukan disaat saham kita turun?


Pertama, jangan panik. Disaat melihat saham turun atau portofolio merah, banyak orang yang cenderung panik. Alhasil pengambilan keputusannya menjadi tidak tepat. Muncul keraguan yang besar, apakah harus dijual atau didiamkan terlebih dahulu? Di situasi ini, kebanyakan orang tidak bisa mengendalikan emosinya. Kita harus bisa mengendalikan diri karena kepanikan tidak akan membuat situasi menjadi lebih baik. Kita harus bisa tenang di tengah situasi yang tidak berjalan sesuai rencana, susun ulang strategi, dan jangan terbawa emosi.


Kedua, ingat strategi awal yang sudah diyakini. Sebelum bermain saham, kita harus sudah memiliki yang namanya trading plan. Beli di harga berapa, Jual di harga berapa, cut loss di harga berapa, dan dalam kondisi apa. Hal-hal ini harus kita pikirkan matang-matang sebelum memutuskan untuk bermain saham. Tujuannya adalah agar kita bisa meminimalisir hal-hal buruk disaat trading plan kita tidak berjalan sesuai rencana awal.


Ketiga, cek kembali Money Management (MM) yang sebelumnya sudah dibuat. Dalam trading, Money Management harus dibuat se-efektif mungkin. Uang yang sudah kita alokasikan untuk membeli saham tertentu harus dikelola dengan bijak. Sebagai contoh, kita mengalokasikan dana sebesar 10 juta Rupiah untuk membeli saham BBCA. Usahakan uang tersebut tidak digunakan untuk membeli saham lain dan mulai beli secara bertahap. Misal, beli saham BBCA di harga Rp10.000 sebesar 5 juta rupiah, lalu beli lagi sebesar 5 juta rupiah di harga Rp11.000.


Keempat, buka grafik dan metode analisa yang digunakan. Jika saham yang turun masih dalam area yang diyakini sebagai support, kita bisa mempertimbangkan untuk hold atau tambah beli. Namun, jika saham yang turun sudah keluar dari area support, kita harus berani cut loss agar kerugian tidak kian bertambah semakin besar.


Kelima, jangan ikut saran orang lain tanpa dasar analisa yang jelas. Dalam trading, setiap keputusan harus diambil dengan analisa mendalam. Dibutuhkan riset agar keputusan yang diambil tepat sasaran. Kita dipersilahkan untuk menerima pendapat orang lain. Namun harus disertai dengan analisa yang jelas karena orang lain tidak tahu keadaan kita yang sebenarnya. Diri kita sendiri yang tahu keadaan kita yang sebenarnya dan kita yang paling tahu kemana langkah yang paling tepat.


Keenam, jangan terima mentah-mentah informasi yang beredar di media. Era digital membuat kita menerima begitu banyak informasi, bahkan cenderung terlalu banyak. Hal ini membuat kredibiltas dan validitas suatu informasi menjadi semakin tergerus karena banyaknya sumber. Setiap kali menerima informasi tentang saham di media, kita harus menyikapinya dengan bijak dan tenang. Saring setiap informasi dari media yang kredibel dan bandingkan informasi yang kita terima dengan media yang kredibel juga sebagai pembanding agar kita tidak terpapar informasi yang keliru.


Terakhir, saat waktu kita membeli saham ditentukan atas keputusan pribadi, maka waktu jual saham juga kita tentukan atas keputusan pribadi. Sejak awal ini sudah menjadi tanggung jawab kita dan kita harus siap dengan segala resiko yang menunggu di depan. Saat situasi di luar rencana awal, diri kita sendiri lah yang harus belajar dan menerimanya agar kedepannya mental kita semakin terbentuk dan pengambilan keputusan kita semakin baik.


Resiko akan selalu ada mengintai kita selagi kita bermain saham. Apapun yang terjadi di depan, kita harus siap menghadapinya dengan persiapan yang matang. Trading plan dan Money Management harus dipikirkan jauh-jauh hari sebelum kita memutuskan agar situasi bisa terus kita kendalikan dan kita bisa menikmati hasil yang terbaik.


#bisnis #internet #freelance #jasa

 

(Ezra, Content Writer)

(Herman, Aurelio, Cover Designer)

7 views0 comments