Dukung dan bantu pemerintah dengan beli Obligasi ORI017



Hai sahabat!

Gimana kabarmu? Masih stay at home? Work from home? Work from office? Work from everywhere??

Yaa apapun kondisinya semoga selalu dalam keadaan yang sehat yaa. Amiiiinn.

Di tengah kasus pandemi yang belum kunjung berakhir, ternyata ada 1 peluang investasi yang layak untuk dipertimbangkan nih.

ORI017 atau Obligasi Negara Ritel seri ke 17. Ini surat utang resmi dari negara kita tercintah looh, jadi kalo kita ikut beli atau jadi salah 1 investornya, artinya kita turut berperan membantu negara.

Membantu dalam hal apa?

Dikutip dari web resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia, ORI017 ini dikeluarkan lantaran pemerintah membutuhkan dana segar untuk pemulihan pembiayaan APBN 2020 akibat pandemi Covid-19 ini. Jadi seluruh dana yang berhasil dikumpulkan dari ORI017 ini akan digunakan untuk mendukung penanganan Kesehatan, jaring pengaman social, dan membantu para pelaku usaha khususnya UMKM.

Jadi, sangat mulia sekali kan kalo kita ikut beli produk investasi yang satu ini. Selain berbakti untuk negara, yang pasti kita juga akan dapat untung dari bunga atau kupon yang diberikan.

Oke sekarang kita bahas tentang produknya yah.

ORI017 ini memiliki kupon tetap sebesar 6.4% per tahunnya, dengan tenor selama 3 tahun (15 Juli 2023). Kita bisa membelinya dengan modal yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 1jt per unitnya. Kalo kita mau beli 2 unit berarti Rp 2jt, 10 unit berarti Rp 10jt, 100 unit berarti Rp 100jt, dst.


ORI017, 6.4% p.a selama 3 tahun dengan minimal Rp 1tj

Kapan kita bisa membeli ORI017 ini?

Masa penawarannya dibuka mulai tanggal 15 Juni 2020 pukul 09.00 WIB hingga penutupan di tanggal 9 Juli 2020 pukul 10.00 WIB, Penetapan hasil penjualan akan diumumkan pada tanggal 13 Juli 2020, dan penerbitan pada tanggal 15 Juli 2020.

Jika kita sudah membeli produk ini, kita bisa menjualnya kembali di pasar sekunder mulai tanggal 15 Agustus 2020. Ini beberapa strategi yang suka diterapkan oleh investor obligasi. Selain mendapat kupon di setiap bulannya, kita juga berpotensi mendapat gain dari selisih antara harga beli dan harga jual. Jadi di ORI017 ini kita tidak harus menunggu hingga tenor berakhir, tetapi bisa diperjual belikan.

Bagaimana dengan keamanannya?

Karna ini produk surat utang negara, yang dikeluarkan langsung oleh pemerintah, atau dengan kata lain pemerintah berutang dengan rakyat, jadi rasanya potensi terjadinya gagal bayar pun sangat minim. Dan yang boleh membeli produk ini hanya individu berkebangsaan Indonesia tulen.

Gimana cara membelinya?

Sangat mudah.

1. Kita hanya perlu mendaftarkan diri kita di Mitra Distribusi yang sudah ditetapkan untuk dapat menjual ORI017 ini.

2. Setelah itu, lakukan pemesanan jumlah unit yang diinginkan.

3. Setelah mendapatkan kode billing, segera lakukan pembayaran melalui bank, teller, ATM, Internet Banking, Mobile Banking, POS, atau Lembaga lainnya yang ditunjuk.

4. Setelah membayar, kita akan mendapatkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara dan notifikasi completed order. Kita juga dapat meminta bukti kepemilikan ORI017 ini kepada Mitra Distribusi.

Siapa saja Mitra Distribusi yang ditunjuk?

Rata-rata perbankan besar di Indonesia telah menjadi Mitra Distribusi ORI017 ini, diantaranya BRI, BTN, Mandiri, BNI, BCA, Danamon, Permata, DBS, HSBC, OCBC, CIMB, Panin, Maybank, UOB, Victoria, dan Commonwealth.

Selain perbankan, sekuritas dan beberapa FinTech juga menjadi Mitra Dsitribusi, seperti Danareksa, Bahana, Trimegah, Mandiri, Bareksa, Investree, Invisee, Modalku, dan Tanamduit.

Manfaat lain dengan membeli ORI017 ini?

Karena ini produk pemerintah dan 100% dijamin keamanannya, maka sebenarnya berinvestasi di ORI017 ini dapat sekaligus menjadi tempat kita menyimpan dana darurat. Sifatnya yang cukup liquid, atau mudah dicairkan membuat kita cukup tenang jika suatu saat kita sedang membutuhkan dana tersebut.

Gimana? Berminat kah untuk membeli ORI017?


#obligasi #investasi #keuangan

0 views0 comments