Esensi Asuransi Sesungguhnya



Pada dasarnya apa yang terjadi dalam hidup kita tidak selalu sesuai dengan keinginan kita meskipun kita sudah sangat mempersiapkannya. Seakan – akan dunia menolak apa yang kita kerjakan atau persiapkan. Segala sesuatu yang buruk, apakah dampaknya? Apakah terasa sekarang atau nanti? Atau bahkan merugikan orang disekitar kita? Namun sebelum kita akhirnya mengalami hal tersebut, terdapat solusi logis yang dapat menjawab kecemasan, ketakutan, dan juga kekhawatiran kita. Asuransi!


Asuransi itu sendiri adalah produk keuangan yang akan memberikan pertanggungan terhadap resiko / musibah yang dihadapi oleh nasabah, sehingga fokus utama dari asuransi itu sendiri sebagai proteksi terhadap satu kejadian yang tidak diinginkan namun mungkin saja bisa terjadi atau menimpa kita. Lalu bagaimana esensi dari asuransi itu sendiri?


Resiko yang ada, sebenarnya tidak semua terlalu jauh sehingga membuatnya tak terhindarkan. Berbagai macam faktor resiko seperti keturunan genetik, tuntutan profesional, lingkungan hidup dan lain sebagainya bisa menjadi pertimbangan yang baik dalam memberikan perlindungan bagi diri maupun orang terdekat. Maka dari itu, ketersediaan produk asuransi yang begitu beragam sebenarnya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang begitu beragam dan sangat personal. Ambil contoh seorang yang memiliki riwayat orang tua diabetes dan sangat jelas bahwa dirinya berisiko membawa penyakit yang sama, atau bahkan seorang tentara yang terancam nyawanya karena harus bersinggungan dengan konflik setiap waktu. Dari situ kita mendapati bahwa ada perhitungan logis untuk menghadapi resiko di depan.


Namun tentu saja, proteksi yang disediakan oleh produk asuransi tidak membatasi dirinya pada perlindungan resiko jasmani atau dikenal dengan istilah life insurance.

Terdapat produk asuransi yang dikenal dengan general insurance dimana berfungsi untuk melindungi aset kapital atau kekayaan yang kita miliki, seperti rumah, kendaraan, dan berbagai macam barang berharga lainnya.

Maka dari itu, sama halnya dengan mengkonsumsi berbagai macam keperluan lainnya, perlu untuk kita melakukan kategorisasi dan menemukan prioritas lalu mencocokkannya dengan kemampuan personal.


Sayangnya semenjak produk keuangan seperti asuransi tidak menjadi prioritas dalam sistem pendidikan dasar dan menengah, masyarakat Indonesia cenderung acuh tak acuh bahkan cenderung berprasangka buruk terhadap asuransi. Belum lagi kenyataan dimana tidak sedikit agen asuransi yang menepikan edukasi terhadap calon nasabah dan lebih mengedepankan persuasi yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan pribadi. Hal ini menimbulkan masalah baru bagi masyarakat umum yang tidak memahami atau mengerti esensi dari asuransi.


Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memahami dan mengerti maksud dan tujuan dari asuransi secara personal. Baik teruntuk kita pribadi, keluarga kecil kita, bahkan seluruh anggota keluarga besar kita demi kualitas hidup yang lebih baik dan produktif.


Jadi, pentingkah asuransi untuk orang-orang tersayang mu?


#asuransi #insurance #jiwa #kesehatan


 

(Aurelio & Hermanus, Content Writer)

(Ezra, Cover Designer)


6 views0 comments