Habit Keuangan yang Perlu Dilakukan


Keuangan yang sehat perlu dibangun secara bertahap sampai menjadi suatu habit atau kebiasaan. Suatu kebiasaan bisa terbentuk karena suatu kejadian yang dilakukan berulang-ulang. Sama halnya dalam hal keuangan, Habit keuangan yang sehat akan tercipta lewat suatu proses bertahap yang harus kita mulai dari sekarang hingga itu menjadi kebiasaan dan menjadi sebuah rutinitas. Agar muncul habit keuangan yang sehat, kita bisa melakukan beberapa hal sederhana yang bisa berdampak besar bagi keuangan kita di masa depan.


Pertama, Jangan remehkan pengeluaran “receh”. Sering kali kita mengeluarkan uang yang nominalnya kita nilai kecil, namun tanpa kita sadari nilainya menjadi sangat besar seiring berjalannya waktu. Kita sering terlena dengan pengeluaran untuk biaya parkir, biaya transfer antar bank, atau ongkos kirim belanja daring. Padahal jika di akumulasikan, nominal yang kita keluarkan untuk pengeluaran “receh” tersebut terbilang cukup besar. Itu sebabnya perlu dimulai kebiasaan baru yaitu mencatat setiap pengeluaran “receh” kita. Dengan mencatatnya, kita akan menyadari berapa besar nominal yang kita keluarkan dan membuat kita untuk berpikir kembali mencari solusi yang lebih baik agar menahan laju pengeluaran.

Kedua, Review pengeluaran seminggu sekali. Menyambung hal pertama diatas, sebelum mencatat semua pengeluaran, kita perlu melakukan perencanaan pengeluaran di awal minggu, yang nantinya akan kita review di akhir minggu. Di tahap review ini, kita melihat kembali apakah pengeluaran kita sepanjang minggu tersebut sudah sesuai dengan rencana awal atau tidak. Jika sesuai maka itu adalah hal yang bagus. Bahkan jika ada sisa uang yang tidak terpakai, bisa dialihkan ke tabungan atau dana darurat. Namun jika pengeluaran selama seminggu melebihi perencanaan awal, maka kita perlu mencari tahu apa yang menjadi sumber masalah sampai pengeluaran kita melebihi rencana awal dan mencari solusi untuk menahan laju pengeluaran di minggu selanjutnya supaya tidak terus menerus terbangun pola yang tidak sehat ini.


Ketiga, Setiap ingin membeli barang, fokus pada value atau nilai bukan dari harga barang itu sendiri. Biasakan diri kita untuk berpikir dahulu sebelum membeli. Pikir baik-baik, apakah barang yang akan kita beli adalah suatu kebutuhan atau keinginan kita? Secara sederhana kita biasanya lebih mudah untuk mengeluarkan uang berlebih untuk memuaskan keinginan kita yang sifatnya hanya sementara. Namun ketika dipertemukan dengan kebutuhan, kita cenderung untuk memilih harga yang lebih murah bahkan paling murah. Hal ini yang sebenarnya perlu kita rubah. Mengapa? Karena apapun yang menjadi kebutuhan kita untuk hidup lebih bernilai ketimbang keinginan tersebut. Nyatanya dari hal - hal yang menjadi keinginan kita tersebut belum tentu menghidupi kita. Utamakan lah terlebih dahulu membeli apa yang menjadi kebutuhan kita. Saat kebutuhan kita sudah terpenuhi, barulah kita boleh mempertimbangkan untuk membeli apa yang menjadi keinginan.


Keempat, Buatlah daftar belanja saat hendak berbelanja bulanan. Biasakan diri kita dari sekarang untuk mencatat apa saja yang menjadi kebutuhan bulanan kita. Saat tiba waktunya belanja bulanan, beli lah apa yang menjadi kebutuhan pokok yang telah kita catat dengan uang yang kita miliki. Jika ada uang lebih, bisa kita pertimbangkan untuk membeli hal-hal lain setelah kebutuhan pokok terpenuhi.


Terakhir, alokasikan penghasilan untuk sedekah. Seringkali kita melupakan sedekah, padahal ini adalah hal yang sangat penting agar keuangan kita bisa terus sehat. Janganlah lupa untuk memberi kepada mereka yang kurang beruntung, mereka juga perlu mencukupi kebutuhan pokok untuk kehidupan sehari-hari. Jangan menganggap sedekah membuat kita miskin, kita perlu buang jauh-jauh pikiran seperti itu. Sebaliknya, dengan bersedekah kebutuhan kita akan terus terpenuhi dan kita sendiri andil memenuhi kebutuhan orang lain yang membutuhkan.


Keuangan yang sehat adalah impian setiap orang. Hanya butuh langkah kecil untuk memulainya namun nyatanya begitu sulit bagi kita untuk memulainya. Keuangan yang baik tidak akan tercipta jika kita tidak mengambil tindakan.


Jadi, kapan kamu akan mulai mengelola keuangan yang sehat?


#keuangan #belanja #kebutuhan #hutang

 

(Ezra, Content Writer)

(Herman, Cover Designer)

5 views0 comments