Harga Emas Tembus 1 Juta Rupiah. BUY, SELL, atau HOLD?

Belakangan ini emas jadi trending di segala kalangan, harganya yang nyentuh Rp 1jt / gram nya beberapa hari lalu bikin geger dunia perinvestasian di Indonesia. Ada yg merekomendasikan untuk beli, ada yg bilang saatnya jual, juga ada yang menyarankan untuk di tahan ajah.

Yang mana yg bener?


Oke, begini, bukan masalah beli atau jual atau tahan, tapi yang bener adalah yang sesuai dengan perencanaan awal.

Sesuai dengan konsep perencanaan keuangan yang baik, setiap keputusan investasi yang dilakukan haruslah sesuai dengan tujuan keuangannya. Dalam hal ini memutuskan untuk beli atau jual atau tahan berarti harus diliat lagi dengan tujuan nya bertransaksi produk emas ini.


Biar jelas, kita buat skenario yah:


Skenario pertama, kalo kondisinya udah punya emas,

Coba diinget lagi tujuan dulu beli emas buat apa? Sekedar buat nabung kah? Kalo iyah pertanyaan selanjutnya adalah apakah saat ini sedang membutuhkan uang untuk keperluan tertentu yang mendesak? Kalo jawabannya ‘tidak’, berarti tidak perlu dijual emasnya, tapi kalo jawabannya ‘butuh banget banget’, ya silahkan saja dijual.

Atau kalau tujuan lain adalah untuk mencari capital gain (selisih dari harga beli dengan harga jual), misal emang nunggu sampai naik 30% dr harga beli awal (entah kapan belinya), dan saat ini sudah tercapai kenaikan 30%nya, artinya sudah waktunya untuk dijual, jadi silahkan saja dijual.


Skenario kedua, kondisinya belum punya emas,

Apakah waktunya untuk beli? Sejarah mengatakan pergerakan harga emas di Indonesia cenderung berlawanan dengan kondisi ekonomi atau politik yang terjadi. Jadi kalo kondisi ekonomi dan politik adem ayem, harga emas relative flat, tapi kalo kondisi ekonomi lagi turun seperti pandemi ini atau saat terjadi kerusuhan, maka harga emas akan meningkat cukup tajam. Dan faktanya juga mengatakan harga emas sangat jarang menurun drastis tapi cukup sering meningkat drastis.

Atas dasar fakta itu lah maka sebaiknya jika kondisinya belum punya produk emas ini, bisa wait and see, atau tunggu hargnya turun beberapa % dulu, dan pastikan ketika memutuskan untuk membeli harus disertai dengan tujuan yang jelas dan disarankan untuk tujuan jangka panjang, dikarenakan harga saat ini yg sudah cukup tinggi. Karna kalo baru akan membeli sekarang dan berharap masih akan naik dalam waktu yang singkat sepertinya itu akan susah buat kesampean.


Nah, semoga menjawab segala keraguan dan gundah gulananya yaah.

Jadi sekali lagi, sebelum memutuskan untuk bertransaksi baiknya disertai dengan tujuan yang jelas dan matang dulu ya, bukan karna ikut-ikutan atau terpengaruh oleh orang lain.


See you sahabat!


#investasi #keuangan

0 views0 comments