HUTANG PRODUKTIF



Pada dasarnya kita sebagai manusia, cukup sering untuk mencicil suatu hal seperti barang ataupun jasa yang didukung rasa keinginan dan emosional yang menggebu - gebu sehingga tidak memikirkan resiko terburuk yang akan kita alami yang akhirnya merugikan kita dan lain sebagainya. Kebanyakan dari kita juga sering berkutik hanya pada pertanyaan atau persoalan “Bagaimana kalau saya tidak bisa membayar? Apa yang terjadi ketika saya tidak bisa melunasi atau membayar?”. Akhirnya cukup jarang dari kita untuk mencari solusi yang bijak dari persoalan atau permasalahan tersebut yaitu bagaimana menjadikan barang hutang tersebut sebagai suatu hal yang produktif dan juga bisa menghasilkan.


Adapun beberapa contoh kegiatan yang menguntungkan kita meskipun dengan cara hutang atau mencicil, antara lain :


Pertama, menyicil Macbook untuk membuka jasa konten kreator. Dimana dalam contoh yang pertama ini, kita bisa mengalokasikan Macbook yang kita cicil ini sebagai suatu hal yang berguna dan bermanfaat, seperti membuka jasa konten kreator. Sehingga secara tidak langsung, kita sudah bijak dalam mempergunakan barang cicilan tersebut sebagai hal yang produktif atau menguntungkan kita.


Kedua, menyicil kamera untuk menjadi fotographer profesional. Sama hal nya dengan contoh yang pertama, dimana kita menggunakan barang tersebut tidak hanya menjadi sarana atau alat untuk memenuhi kebutuhan kita namun juga memberikan penghasilan yang cukup guna untuk menutupi dana cicilan tersebut.


Ketiga, menyicil apartemen atau rumah untuk akhirnya disewakan atapun dikontrakan. Berdasarkan ketiga contoh yang sudah disebutkan ini, secara tidak langsung bisa dikatakan sebagai contoh yang sama namun memiliki perbedaan pada segi barang dan juga konteks nya. Yang menjadi perbedaan pada contoh ketiga ini adalah kita menjadi tidak perlu susah atau repot - repot untuk meluangkan atau menggunakan tenaga kita agar membuat barang tersebut menghasilkan (passive income). Sehingga banyak dari kita yang sekarang akhirnya memulai hal ini karena menguntungkan dan tidak mengeluarkan tenaga yang besar karena barang yang dipergunakan sudah menjadi kebutuhan semua orang.

Biaya cicilan dari apartemen atau rumah kita juga bisa ditanggung oleh orang yang sedang menyewa kepada kita, sehingga kita dengan kata lain, cicilan kita dibayarkan oleh penyewa.


Keempat, mendaftar kursus atau sertifikasi profesi dengan cicilan kartu kredit. Hal ini juga bisa menjadi contoh kegiatan yang digunakan dimana kita bisa menemukan banyak manfaatnya. Sudah banyak yang menyediakan layanan kursus bersertifikasi dalam bidang profesi, seperti graphic design web programmer, digital marketing, perencana keuangan, dan lain sebagainya. Hal ini juga menjadi manfaat di kemudian hari karena bisa menambah wawasan kita dan juga akhirnya kita memiliki pengetahuan ataupun skill yang lebih dari pada yang lain, serta kita bisa memanfaatkan skil yang kita miliki untuk menghasilkan keuntungan dengan menjadi seorang konsultan profesional sesuai sertifikasi yang kita miliki.


Kelima, apply pinjaman Bank atau koperasi untuk buka usaha franchise atau waralaba. Ini juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang menguntungkan kita karena buktinya sudah cukup banyak dari kita yang menerapkan atau melakukan kegiatan ini. Lalu pertanyaan selanjutnya “Mengapa harus franchise atau waralaba?” pertama adalah karena franchise atau waralaba ini termasuk dalam kategori bisnis yang cukup terbilang mudah untuk dilakukan atau dijalankan. kemudian yang kedua adalah karena semua sistem Standard Operasional Prosedur (SOP) nya sudah ada dan tersedia lengkap sehingga kita hanya menjalankan dengan baik dan konsisten.


Dari beberapa contoh diatas sebenarnya sudah cukup bisa menggambarkan bagaimana kita bisa mempergunakan barang cicilan itu sendiri dengan baik dan juga bijak sehingga dapat menutupi biaya cicilan itu sendiri dan bahkan menghasilkan bagi kita. Jadi dengan hal ini, membuat kita tidak lagi terbebani dengan biaya cicilan ataupun hutang berjalan tersebut dan malah justru sebaliknya yaitu menguntungkan kita.


Jadi, bagaimana? mari membiasakan diri untuk menyicil sesuatu yang bisa digunakan dengan baik, bijaksana, produktif, dan tentunya dapat memberikan keuntungan dan juga bisa menghasilkan bagi kita.


#hutang #produktif #keuangan #konsumtif

 

(Aurelio, Content Writer)

(Ezra, Cover Designer)

4 views0 comments