Kenapa Harus Punya Passive Income?



Menghasilkan uang tanpa melakukan aktivitas apa-apa, apakah itu mungkin? Tentu saja kita semua pasti pernah memikirkan hal tersebut. Percaya atau tidak, kita mampu menghasilkan uang dengan aktivitas yang sangat minim. Bahkan bisa dibilang kita hanya cukup duduk dan uang akan datang menghampiri kita. Seiring berjalannya waktu, usia kita semakin bertambah, fisik sudah tidak lagi bugar, harga kebutuhan pokok pun terlihat akan terus meningkat juga. Lalu bagaimana kita akan memenuhi kebutuhan hidup di masa yang akan datang?


Passive income adalah jawabannya, dimana kita tidak perlu berperan aktif didalamnya, namun jelas menghasilkan uang. Passive income akan membantu kita menambah pundi-pundi keuangan yang telah ditopang oleh hasil dari pekerjaan utama kita. Bahkan tidak menutup kemungkinan hasil dari passive income kita bisa melebihi hasil dari pekerjaan utama kita. Muncul pertanyaan di benak kita, mengapa kita harus memulai untuk mencari passive income?


Pertama, dengan passive income, kita akan punya banyak waktu bersama keluarga. Banyak yang belum menyadari betapa pentingnya keluarga. Sering kali kita lupa akan begitu berharganya keluarga sampai kita kehilangannya. Bekerja aktif secara terus menerus akan menggerus waktu kita dan keluarga. Passive income menawarkan penghasilan yang bisa diraih di tengah waktu kita bersama keluarga. Tanpa perlu menghabiskan waktu di pekerjaan, kita bisa menikmati waktu-waktu terindah bersama keluarga sambil menghasilkan uang.


Kedua, passive income memberi kita waktu lebih banyak untuk berolahraga. Biaya kebutuhan hidup yang terus meningkat membuat kita lupa waktu, kita menjadi terdorong untuk terus bekerja sampai larut malam demi menafkahi hidup. Tidak ada salahnya dengan bekerja keras. Namun perlu diingat, kesehatan kita jauh lebih berharga dibandingkan dengan uang. Kita kerap kali acuh tak acuh jika membahas tentang kesehatan, karena kita sendiri jarang berolahraga. Padahal olahraga adalah hal yang penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Tidak mungkin semua uang kita habiskan untuk pengobatan karena kelalaian kita sendiri yang acuh tak acuh dengan kesehatan. Passive income akan memberikan kita dua hal, kesehatan dan penghasilan secara bersamaan. Kita bisa menghasilkan uang sambil berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh kita.


Ketiga, di zaman modern seperti saat ini, banyak bermunculan peluang-peluang baru yang bisa kita manfaatkan untuk menambah sumber penghasilan. Sangat disayangkan jika kita hanya terpaku dengan satu pekerjaan, padahal diluar sana banyak kesempatan yang menunggu untuk kita garap. Passive income memberikan kita ruang yang sangat luas untuk menambah penghasilan. Banyak bisnis-bisnis yang sedang naik daun yang bisa kita pelajari dan kita praktekkan sambil mendapatkan penghasilan dari passive income.


Terakhir, banyak dari kita yang lupa akan passion masing-masing karena terlalu sibuk bekerja. Padahal, dari passion yang kita miliki itu bisa menjadi passive income. Kita tidak akan menyadarinya sampai kita mencoba mengelola passion kita sendiri. Disaat kita menjalankan passive income, kita jadi punya waktu lebih banyak untuk menekuni passion yang kita punya dan mengembangkannya.


Era digital seakan-akan mendorong kita untuk menghasilkan sebanyak mungkin, dengan gerakan seminim mungkin.

Dari penjelasan diatas, jelas terlihat passive income benar-benar menghemat waktu kita dan memberikan ruang yang luas untuk hal-hal yang selama ini tidak kita hiraukan. Tentu saja butuh waktu sampai passive income kita bisa menjadi tiang baru penopang kehidupan kita. Semua tidak akan terjadi jika kita tidak memulai. Jika bukan sekarang, kapan kita akan memulainya?


#pasif #income #investasi #freedom

 

(Ezra, Content Writer)

(Aurelio, Herman, Cover Designer)

3 views0 comments