Kesalahan Dasar dalam Trading Saham



Investasi saham semakin menarik banyak peminat. Hal ini ditandai dengan banyaknya investor saham pemula yang muncul dan berkembang pesat. Peluang besar dalam meraih keuntungan baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek menjadikan instrumen investasi saham pilihan yang menggiurkan. Meski peluang dalam meraih keuntungan besar, bukan berarti tidak mungkin mengalami kerugian. Agar tidak mengalami kerugian yang berkepanjangan, kita perlu mengetahui terlebih dahulu kesalahan-kesalahan dasar yang bisa kita alami dalam trading saham.


Kesalahan pertama adalah kita tidak mengerti teori-teori tentang analisa saham. Teori dan praktek harus berjalan berdampingan jika kita ingin bertahan di dunia saham. Teori tanpa praktek adalah kesia-sian, begitu juga sebaliknya. Terdapat puluhan bahkan ratusan teori untuk analisa saham. Sebagai trader kita harus menguasai teori analisa saham, adalah kesalahan besar jika sejak awal kita merasa diri tidak perlu menguasai teori dalam dunia investasi saham. Kita tidak perlu menguasai semuanya asalkan yang kita kuasai benar-benar kita mengerti dan dalam prakteknya menghasilkan profit.


Kesalahan kedua adalah kita hanya ikut-ikutan ajakan orang dalam menentukan jual atau beli saham. Jika kita sudah menjadi trader, kita harus memiliki sikap profesional. Dalam memutuskan jual atau beli, diri kita sendiri lah yang harus memutuskan, dengan segala risiko yang ada. Jika kita ikut-ikutan ajakan orang, itu bisa menjadi blunder untuk diri kita sendiri. Tidak tidak tahu apakah yang mengajak kita itu sedang dalam posisi untung atau rugi. Terlepas dari apakah orang yang mengajak kita adalah orang yang kita kenal baik atau tidak, keputusan tetap di tangan kita.


Kesalahan ketiga yaitu kita tidak mengerti betapa pentingnya money management. Dalam trading, money management adalah salah satu faktor penting karena berkaitan dengan pengendalian risiko. Money management termasuk dalam strategi trading karena menjadi tempat untuk kita mengatur modal, berapa yang harus kita investasikan dalam instrumen saham. Risiko kerugian akan bisa ditekan dengan money management yang baik dan sehat.


Kesalahan keempat yaitu saat kita memutuskan membeli saham dengan suatu dasar teori, namun menjualnya dengan dasar teori lain. Ini merupakan kesalahan yang fatal dalam trading saham. Andai kata kita membeli saham dengan pertimbangan analisis candle. Saat kita ingin menjualnya, kita malah menggunakan analisis bandarmologi. Cara ini jelas salah, yang benar adalah jika kita membeli dengan pertimbangan analisis candle, maka kita menjualnya dengan pertimbangan yang sama yaitu analisis candle.


Kesalahan terakhir adalah kita melakukan transaksi saham yang memiliki volume atau value kecil. Tak sedikit trader yang suka membeli saham ketika harganya turun. Padahal hal tersebut hanya berujung pada cut loss yang hanya semakin merugikan. Sebagai trader yang baik dan benar, sebaiknya kita memilih saham yang memiliki volume hingga jutaan lot. Minimal value atau market cap yang harus dimiliki perusahaan adalah sebesar 10 Miliar.


Dunia saham selalu memberikan pelajaran berharga dalam setiap prakteknya. Sebagai trader saham, kita harus bisa memetik pelajaran dari setiap kesalahan yang telah kita buat sebelumnya sehingga kita tidak perlu mengulangi kesalahan yang sama. Dalam praktek akan selalu ada kesalahan dan kita harus menyikapinya dengan dengan tenang agar bisa menjadi trader yang lebih baik di masa depan dan mendapatkan profit yang melimpah.


#saham #loss #profit #trading

 

(Ezra, Content Writer)

(Ezra, Cover Designer)

2 views0 comments