Langkah Merencanakan Keuangan Masa Depan



Semua orang pasti bermimpi untuk memiliki keuangan yang sehat di masa depan nanti. Tentu saja mimpi itu tidak akan terwujud jika kita tidak bertindak. Untuk mencapai financial freedom di masa depan, kita harus memiliki perencanaan keuangan yang matang dan terstruktur. Berikut ini adalah cara-cara yang tepat untuk mencapai keuangan yang sehat di masa depan nanti.


Dalam merencanakan keuangan, kita harus menentukan terlebih dahulu tujuan keuangan kita. Di masa depan nanti, kita harus sudah merencanakan biaya untuk pendidikan, membeli rumah, membeli mobil, menikah, pensiun, dan dan traveling. Semua ini harus direncanakan secara spesifik dengan jumlah nominal yang hendak dikeluarkan dan waktu yang tepat untuk mencapai hal-hal tersebut. Tujuannya adalah agar kita tahu secara pasti berapa besaran yang perlu dikeluarkan agar kita bisa mencapainya dan tentu saja menjadi motivasi bagi kita untuk berusaha memiliki keuangan yang sehat di masa depan.


Keuangan yang sehat tidak akan terbentuk dengan sendirinya. Seiring berjalannya waktu, kita harus melakukan financial check up. Dalam financial check up, hasil yang diharapkan tentu saja harus finansial yang sehat. Mulai dari cash flow yang positif, total hutang tidak lebih dari 30% penghasilan, memiliki darurat yang cukup, dan memiliki asuransi. Hasil financial check up yang baik akan memudahkan kita meraih keuangan yang sehat di masa depan.


Berbicara mengenai keuangan di masa depan, kita tidak bisa lepas dari yang namanya investasi. Sesuai dengan tujuannya, investasi adalah kendaraan yang mempermudah kita menuju masa depan keuangan yang lebih baik. Dalam berinvestasi, kita harus menentukan nominal investasi yang hendak kita keluarkan secara spesifik. Nominal investasi membuat kita bisa secara konsisten berinvestasi di angka yang sudah kita tetapkan sejak awal. Tentu saja dengan tujuan akhir yaitu pertumbuhan nilai yang bisa dinikmati kelak di masa depan sesuai dengan tujuan keuangan kita.


Setelah kita menentukan nominal yang hendak dikeluarkan untuk kebutuhan di masa depan, kita harus menghitung baik-baik berapa return yang harus dicapai sampai jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Kita juga harus menentukan profil risiko kita dalam berinvestasi. Apakah kita tipe konservatif? Moderat? Atau malah agresif? Profil risiko ini harus kita temukan sebelum kita mulai berinvestasi supaya investasi kita bisa menghasilkan profit secara maksimal.


Dalam berinvestasi, kita bisa memilih instrumen investasi mana yang cocok dengan kebutuhan kita. Apakah kita ingin berinvestasi jangka pendek atau jangka panjang? Untuk jangka pendek biasanya returnnya bisa terlihat dalam jangka waktu 3 bulan sampai 1 tahun. Untuk jangka panjang returnnya bisa dilihat dalam waktu 10 tahun atau lebih. Untuk instrumennya sendiri, terdapat pilihan yang cukup beragam. Mulai dari deposito, emas, properti, saham, reksadana, dan jenis instrumen lainnya. Berbagai jenis instrumen ini bisa kita pilih sesuai kebutuhan dengan memantau perkembangan yang akan terjadi di masa yang akan datang.


Setelah mengetahui beragam jenis instrumen investasi dan bagaimana cara berinvestasi dengan baik, kita harus mulai berinvestasi sesegera mungkin.

Tidak ada gunanya memahami teori jika kita tidak mempraktekkan teori yang sudah kita pelajari. Mulailah berinvestasi secara rutin setiap bulannya. Jangan pikirkan nominal yang harus besar karena nominal yang besar bukanlah jaminan. Yang terpenting adalah bagaimana kita berani memulai untuk mewujudkan impian kita di masa depan.

Setelah kita berinvestasi secara rutin, kita perlu melakukan review pada portofolio investasi kita secara berkala. Bisa dalam kurun waktu 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Setelah melakukan review, kita lihat apakah strategi investasi kita sudah tepat atau belum. Jika sudah tepat maka itu adalah hal bagus. Namun jika belum tepat, kita harus mencari letak kesalahan dan memperbaikinya, sebelum akhirnya kita melanjutkan kegiatan investasi kita.


Untuk mencapai financial freedom di masa depan, kita harus pahami terlebih dahulu langkah - langkah praktikal yang efektif, efisien, dan sehat untuk perencanaan keuangan. Setelah kita sudah paham langkah - langkahnya, kita harus mempraktekkan langkah-langkah tersebut dan melalui proses jatuh bangun. Semakin cepat kita melewati proses maka semakin cepat kita kepada kondisi keuangan yang sehat di masa depan.


#keuangan #perencanaan #masadepan #freedom

 

(Ezra, Content Writer)

(Ezra, Cover Designer)


4 views0 comments