Mempersiapkan Trading Plan untuk Daily Trader


Saat ini, daily trader telah menjadi sebuah profesi menjanjikan dan kian populer seiring meningkatnya ketertarikan banyak orang akan dunia saham. Daily trader dikenal sebagai orang yang melakukan transaksi jangka pendek karena mengejar profit harian. Sebagai seorang daily trader, kita harus punya persiapan sebelum terjun ke lapangan, jangan sampai kita bertarung tanpa perlengkapan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menjadi daily trader.


Dalam beritransaksi jual beli saham, kita perlu memastikan terlebih dahulu target harian. Tentu saja target hariannya harus masuk akal agar profitnya bisa dirasakan dalam waktu yang singkat. Idealnya, profit harus di angka 2-4% per hari dengan risiko sebesar 2-3%. Usahakan angka risiko lebih kecil dari angka profit sehingga setiap harinya ada keuntungan walaupun kecil.


Sebelum melakukan trading, kita harus melakukan screening saham di hari sebelumnya, tepatnya di malam sebelum kita melakukan trading di keesokan hari. Screening saham ini berfungsi untuk menyaring saham berdasarkan kriteria yang ada. Kriterianya terdiri dari:

  1. jumlah kapitalisasi saham terbesar,

  2. frekuensi

  3. volume perdagangan terbesar,

  4. serta value dari perusahaan tersebut.


Dalam melakukan screening saham, usahakan untuk menggunakan tidak lebih dari dua teori analisa yang paling kita kuasai. Misalkan kita sebagai daily trader paling menguasai analisa Classic pattern dan bandarmologi. Gunakan dua teori analisa itu tanpa perlu menambah teori analisa lainnya agar tidak membingungkan kita dalam melakukan eksekusi.


Ada begitu banyak sektor dalam dunia saham. Untuk mempermudah kita dalam memilih, buatlah watchlist dari beberapa sektor yang berbeda. Kita bisa memilih dari sektor perbankan, consumer goods, mining, property, sesuai dengan kebutuhan dan analisa yang sebelumnya sudah kita lakukan. Cari sektor yang dapat memberikan profit lebih cepat dari sektor lain, atau pilih sektor yang sedang hangat dibicarakan publik.

Trading plan merupakan salah satu bagian penting dalam money management yang berfungsi untuk menjaga psikologis trader di tengah ketidakpastian pasar. Pengendalian emosi sangat menentukan nasib kita dalam trading. Saat kita sulit mengontrol emosi, pengambilan keputusan kita berpotensi lebih besar untuk mengalami kekeliruan.

Itu sebabnya kondisi psikologis dalam aktivitas trading harus dalam kondisi prima dengan membuat trading plan yang lengkap. Trading plan ini membuat kita mempersiapkan empat area utama; buy, take profit, cut loss, dan averaging. Jika keempat area ini sudah kita persiapkan segala resikonya, pasti kita bisa melakukan aktivitas trading saham dengan kondisi psikologis yang lebih baik.


Saat menggunakan sekuritas di desktop atau gawai yang kita miliki,, kita akan mendapatkan akses informasi mengenai saham. Salah satu akses tampilan informasi yang paling dicari oleh seorang daily trader adalah orderbook & broker summary. Dalam 2 fitur ini terdapat beragam informasi yang kita butuhkan untuk melakukan aktivitas trading saham, seperti antiran jual dan beli, nama-nama broker yang ikut dalam jual beli tersebut, dan lain sebagainya. Siapkan maksimal delapan order book dalam aplikasi trading, untuk memudahkan kita dalam memantau beberapa emiten secara bersamaan.


Untuk memudahkan kita dalam melakukan monitoring market, siapkan minimal dua gawai berbeda untuk menampilkan chart. Saat kita menggunakan dua gawai yang berbeda atau lebih, kita akan semakin mudah memprediksi pergerakan chart di waktu yang akan datang saat kita sedang memantau berlangsungnya market.


Terakhir dan tidak kalah penting adalah jalani aktivitas trading atas keyakinan diri sendiri. Jangan terlalu sering melihat analisa orang lain yang profil resikonya berbeda dengan kita. Gunakan metode yang sebelumnya sudah kita sepakati dengan segala resiko yang ada dan nikmati setiap jatuh bangun dalam berinvestasi saham.


Trading bukanlah suatu permainan tebak-tebakan. Dalam trading, dibutuhkan hitungan dan persiapan yang memadai agar kita siap akan segala risiko yang ada, dengan harapan mendapatkan profit di masa yang akan datang. Persiapkan perlengkapan dan mental kita dan mulailah trading.


#saham #psikologi #moneymanagement

 

(Ezra, Content Writer)

(Ezra, Cover Designer)

0 views0 comments