Pentingnya Financial Check Up (FCU)



Keuangan yang sehat perlu dibangun dan dimulai sejak dini agar semuanya dapat terukur dan mudah untuk kita mengatur keuangan kita. Namun setelah semuanya sudah dilakukan, apakah sudah selesai? Apakah semuanya sudah cukup? Tentu saja tidak, karena kamu juga perlu untuk melakukan Financial Check Up (FCU) untuk melihat bagaimana keadaan keuangan kamu apakah sehat atau justru sebaliknya, apakah dapat menghidupi kamu dan keluargamu atau tidak. Lalu perlukah atau pentingkah kita melakukan FCU ini?


Secara tegas jawabannya tentu penting dan perlu, mengapa? Secara sederhana kita manusia sebenarnya cukup tidak peduli bahkan tidak mementingkan hal semacam ini karena merasa diri dan keadaan sudah baik, nyaman, tidak ada masalah, tenang dan lain sebagainya. Namun sayangnya alasan - alasan itu tidak memberikan kita solusi ketika kita akhirnya berada dalam sebuah masalah. Cukup jarang bagi kita untuk melihat kembali hanya sekedar mengintrospeksi diri dan akhirnya kita sering mempertanyakan

“mengapa tidak sedari dulu AKU melakukannya”. Namun sayangnya kita sudah tidak bisa mengubah masa lalu dan tetap terus berfokus berjalan kedepan.

Sama seperti Medical Check Up yang ada di rumah sakit dimana sebenarnya fungsi dan tujuannya adalah untuk memeriksa apakah kondisi fisik dan tubuh kita baik atau tidak, sehat atau tidak, apakah terdapat penyakit yang selama ini kita derita atau tidak, dan seharusnya kita memeriksanya secara rutin agar secepat mungkin dapat diatasi jika terdapat suatu penyakit, baik berat atau tidak, ataupun membahayakan atau tidak. Namun nyatanya, banyak dari kita yang sebenarnya tahu akan maksud dan tujuan nya tetapi tetap tidak peduli dan mementingkan hal tersebut hanya karena merasa “Saya baik - baik saja”.


Layaknya Medical Check Up, inilah fungsi dan tujuan dari Financial Check Up (FCU) juga, yakni untuk melihat keadaan keuangan kamu apakah sedang dalam kondisi yang baik, sehat, ataupun dalam kondisi yang buruk dan bahkan membahayakan. Dimana penting bagi kita untuk melihat keadaan uang kita, jangan terlalu merasa “Saya baik - baik saja” dan ketika diperiksa justru terdapat masalah yang bisa atau dapat membahayakan dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga perlu bagi kita membiasakan diri untuk melakukan tindakan kecil yaitu memeriksa atau melihat kembali keadaan kita hanya untuk mengintrospeksi diri “apakah saya benar - benar sehat?” karena kebiasaan dan tindakan kecil ini dapat menyelamatkanmu dan keluargamu.


Jadi, masih perlu atau pentingkah menurutmu Financial Check Up ini?


#keuangan #kesehatan #finansial #checkup

 

(Aurelio, Content Writer)

(Herman, Cover Designer)



7 views0 comments