top of page

Portofolio Investasi Saham yang Sehat dan Aman untuk Jangka Panjang


Setiap orang yang berinvestasi saham pasti memiliki portofolio. Secara umum, portofolio saham adalah sekumpulan saham yang dimiliki oleh investor saham. Untuk memiliki portfolio yang sehat dan aman, kita perlu memilih sektor bisnis yang sesuai dengan persentase yang tepat. Lantas, apa saja sektor bisnis yang punya prospek cerah dan berapa persentasenya agar portofolio kita bisa dikatakan sehat dan aman?

Urutan pertama ditempati sektor consumer goods dengan persentase sebesar 35%. Sektor ini adalah pilihan yang bagus karena merupakan produk yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Prospek perusahaan yang terus bertumbuh dalam jangka panjang merupakan salah satu keunggulan utama dari perusahaan consumer goods. Selain itu, persentasenya menjadi yang paling tinggi karena perusahaan di bidang consumer goods relatif lebih stabil, ditunjukan dalam kondisi ekonomi yang berubah-ubah orang tetap membutuhkan makanan / minuman, sehingga perusahaan-perusahaan di bidang ini akan tetap bisa beroperasi.


Di urutan kedua ada sektor perbankan atau finansial dengan persentase sebesar 30%. Sektor perbankan menjadi salah satu sektor penopang bobot Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Melalui program-program kreditnya, sektor perbankan menjadi fondasi bagi sektor bisnis yang lainnya. Dengan perkembangan era digital yang kian pesat, pilihlah perusahaan-perusahaan di sektor ini yang sudah menerapkan digitalisasi di lini bisnis dan produk-produknya.


Urutan ketiga ditempati oleh sektor teknologi dengan persentase sebesar 25%. Dunia saat ini sedang berlomba-lomba dalam menciptakan teknologi yang paling mutakhir. Perusahaan-perusahaan di sektor ini cukup menjanjikan untuk memberikan keuntungan di masa depan. Besarnya potensi yang dimiliki sektor teknologi membuatnya menjadi primadona untuk jangka panjang.


Di urutan keempat dan terakhir ditempati oleh sektor pertambangan dengan persentase sebesar 10%. Sektor ini berada urutan terakhir dengan persentase yang paling kecil bukan tanpa alasan. Sektor ini dinilai sangat fluktuatif dibandingkan sektor-sektor lain, kenaikan dan penurunannya sangatlah cepat. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk memberikan alokasi yang besar pada sektor ini.


Jika kita berhasil menerapkan hal diatas, portofolio saham kita pasti akan lebih menjanjikan. Dibutuhkan kesabaran ekstra karena pasti memakan waktu dan membutuhkan modal yang cukup. Jika dilakukan secara perlahan dan konsisten, keuntungan pasti akan kita nikmati di masa depan.


#saham #portfolio #perbankan #teknologi

 

(Ezra, Content Writer)

(Ezra, Cover Designer)

1 view0 comments