PROBLEM TERBESAR KEUANGAN ANAK MUDA


Hey kamu anak muda!!! Tahu tidak kalau kamu sebenarnya sudah harus memikirkan finansial atau keuangan untuk masa depanmu? Ternyata cukup banyak dari kamu anak muda yang masih belum atau bahkan sama sekali tidak memperdulikan hal ini. Dimana kamu masih saja berfokus ataupun berkutik pada urusan kesenangan saja, namun jadinya lupa mempersiapkan atau memikirkan masa depan khususnya secara finansial kamu. Bahkan masih ada yang belum paham bagaimana merencanakan finansial masa depan.


Sebenarnya kamu sudah sangat bisa memikirkan atau bahkan mempersiapkan finansial masa depanmu dari sekarang. Mengingat perkembangan teknologi informasi yang sudah sangat berkembang ini, bisa sangat membantu dan juga memandu kamu untuk membuat perencanaan finansial masa depan. Begitu banyak informasi yang bisa kamu dapatkan hanya melalui browsing di internet dan akan menemukan banyak referensi yang berguna sesuai dengan keadaan dan kebutuhanmu.


Salah satu cara sederhananya adalah membuat perencanaan keuangan dengan memikirkan apa saja yang mungkin dibutuhkan di masa depan kamu. Kamu juga bisa memulai dengan mengalokasikan dana, bisa dari duit jajan kamu yang kamu sisihkan dan bisa juga menyisihkan dari keperluan yang sebenarnya menurut kamu tidak penting bagi kamu dan terkesan hanya untuk memenuhi kesenangan kamu saja. Untuk apa? untuk dijadikan tabungan atau dana simpananmu ketika kamu membutuhkannya. Sehingga kamu sudah tidak perlu bersusah payah untuk mencari solusi ataupun jalan keluar terkait finansial atau keuangan ketika kamu membutuhkannya di situasi yang genting.


Namun ada hal yang perlu diingat juga bahwa merencanakan, mempersiapkan, mengelola finansial ini tidaklah secara instan melainkan kamu harus paham betul dana finansial ini bertujuan untuk apa, siapa dan juga ketika apa dipergunakan. Sayangnya cukup banyak anak muda menginginkan hal - hal yang selalu instan mengingat kemudahan yang diberikan sekarang ini.


Seperti halnya teknologi, informasi, dan lain sebagainya yang akhirnya membiasakan kamu menjadi serba instan dan tidak melihat pada prosesnya. Untuk itu, kamu harus menimbang kembali karena proses yang dijalankan tidaklah cepat atau instan seperti yang sudah disebutkan di atas tadi. Solusinya adalah kamu harus konsisten dengan apa yang sudah kamu mulai dan selalu berpegang pada tujuan awal kamu:

“untuk apa aku merencanakan atau mempersiapkan finansial masa depanku ini”.

Jadi bagaimana! Sebenarnya cukup mudah bukan? Mulailah membiasakan diri untuk bisa melihat dalam kacamata yang lebih luas agar dapat menimbang apa yang menjadi kebutuhan dan prioritas masa depanmu ketimbang hanya sekedar bersenang - senang dengan finansial masa depan yang tidak terjamin untuk kehidupanmu. Kemudian mulailah menetapkan tujuan yang tepat sesuai kondisi dan juga kebutuhanmu untuk membuat perencanaan finansial masa depanmu sendiri, dan yang terakhir selalu sabar untuk menjalani prosesnya saat ini karena hasilnya akan bisa kamu nikmati di kemudian hari.


#perencanaan #keuangan #masadepan #freedom

 

(Aurelio, Content Writer)

(Aurelio, Cover Designer)

4 views0 comments